Konsep Diri dan Pola Konsumsi dalam Perilaku Konsumen
Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bermanfaat yang sesuai dengan keinginannya sudah pasti menjadi idaman setiap konsumen. Begitu pula dengan kebutuhan akan produk dan jasa lainnya. Perilaku pembelian dan penggunaan produk perawatan diri dan kecantikan serta penggunaan jasa kebugaran sangat dipengaruhi oleh persepsi konsumen terhadap dirinya atau dengan kata lain, sangat terkait dengan konsep diri. Pada kuliah materi ini, ada beberapa hal menarik yang dapat saya simpulkan setelah dijelaskan oleh Bapak Ujang Sumarwan.
Konsep Diri
Konsep diri merupakan suatu konsep yang menggambarkan bagaimana sikap orang tersebut terhadap dirinya. Hawkins and Mothersbaugh (2010) dalam bukunya Ujang Sumarwan menyatakan bahwa self-concept is defined as the totality of individual's thoughts and feelings having reference to himselft or herself as an object. Konsep diri sangat terkait dengan karakter dan sifat-sifat dari kepribadian yang dapat merefleksikan perilaku konsumsinya. Misalnya, seorang konsumen dapat memandang dirinya sebagai orang yang modern dan dapat dengan mudah menerima inovasi.
Teori Konsep Diri
Menurut Loudon dan Della Bita (1993) menyatakan bahwa empat teori utama tentang konsep diri dapat dibagi menjadi empat, yaitu:
1. Self-Appraisal à Diterima atau tidaknya perilaku seseorang di masyarakat
2. Reflected-Appraisal à Konsep diri yang terbentuk karena menerima penghargaan dari orang lain dan enderung menganggap seseorang pasif
3. Social-Comparison à seseorng sangat tergantung bagaimana dia memandang dirinya dalam kaitannya dengan orang lain
4. Biased-Scanning à bagaimana pandangan seseorang terhadap lingkungannya
Berdasarkan keempat uraian di atas diartikan bahwa pengembangan konsep diri sangat tergantung pada aspirasi dan motivasi seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.
By: Supawan
- Class of Consumer Behavior Maret 2012
- Department of Agronomy and Horticulture (Departemen Agronomi dan Hortikultura)
- Collage of Agriculture (Fakultas Pertanian)
- Class Note Based on Mr. Ujang Sumarwan. 2012
http://www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
Consumer Behavior: Theory and Marketing Aplication (Prilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). PT. Ghalia Indonesia
· Department of Family and Consumer Sciences
· Collage of Human Ecology
· Bogor Agriculture University
· Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen
Fakultas Ekologi Manusia – Institut Pertanian Bogor
1 komentar:
kebutuhan tanpa diserta kemampuan membeli?
konsep dirinya gak tercapai ya ?
Posting Komentar