Glitter Words

Sabtu, 17 Desember 2011

Seledri (Apium graveolens L.


Seledri
(Apium graveolens L.)


Dikenal sebagai sayuran bumbu (penyedap rasa), ada juga yang mengatakan sebagai obat, penyembuh demam dan darah tinggi, ada pula yang mengatakan sebagai penyubur rambut.
·         Varietas : Seledri potong (Varietas Sylvester), Seledri daun (Varietas Secalium), Seledri berumbi (Varietas Repaceum).
·         Syarat Tumbuh : Seledri merupakan tanaman dataran tinggi yang dapat tumbuh baik pada kisaran suhu 7-16° C. Tanah yang baik untuk areal penanamannya adalah yang subur dan gembur dengan pH 5,5-6,8.
·         Produktivitas : produktivitas seledri rata-rata 8 kg per m2, dengan harga jual Rp4.000 per kg.
·         Teknik Budidaya : Tanaman Seledri dapat ditanam dari dataran rendah hingga dataran tinggi, tetapi untuk mencapai hasil optimal penanamannya dilakukan pada ketinggian antara 1.000 - 1.200 m.dpl Cara pengolahan lahan seperti biasa membuat bedengan-bedengan berukuran 80 - 100 cm. panjang sesuai kebutuhan. Jarak antar bedeng ±40 cm dan kebutuhan pupuk kandang ±20 ton per hektar dicampur rata di atas bedengan. Jarak tanam yang biasa digunakan yaitu 25 x 25 cm2 atau 30 x 30 cm2 dengan dua atau tiga tanaman per lubang.
·         Pemupukan :  Penggunaan pupuk kandang sebagai pupuk dasar, selain itu tanah juga perlu diberi pupuk susulan berupa pupuk buatan, yaitu urea 435 kg/ha, TSP 400 kg/ha, dan KCl 300 kg/ha.
·         Hama penyakit dan pengendalian : Pada Seledri hama yang menyerang adalah Liriomyza atau wereng biasa disebut Aro. Hama ini menghisap cairan daun sampai kering.Pengendalian hama tersebut adalah memakai Curacron, Trigard dan Winder 25 WP. Penyakit pada tanaman Seledri adalah penyakit cacar coklat kuning (Cercospora apii) dan sejenis cendawan (Septoria apii). Kedua penyakit ini gejala yang ditimbulkan hampir sama dan dikendalikan dengan Kocide 77WP.
·         Panen : Seledri mulai dapat dipanen pada umur 6-8 minggu setelah tanam. Yang dipanen adalah daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.
·         Sentra Produksi : Kebanyakan petani seledri memasarkan seledrinya ke pasar Caringin Bandung, pasar Bogor dan pasar induk Cibitung atau Kramat Jati Jakarta.


0 komentar:

MORE POSTING

TV Indonesia

>>>Kalau Mau Nonton TV, stop/Pause the Gen FM Radio!
Glitter Words

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management