Glitter Words

Sabtu, 17 Desember 2011

Bugenvil (Bougainvillea spectabilis Willd)


Bugenvil
(Bougainvillea spectabilis Willd)


Syarat Tumbuh
Di wilayah tropis Indonesia, Bugenvil dapat ditanam di dataran rendah sampai pegunungan ± 1.400 mdpl. Meskipun demikian, tanaman ini paling optimum produktif berbunga dan warnanya cerah adalah di daerah yang mempunyai ketinggian antara 700-1.000 mdpl. Pada fase awal pertumbuhan, bugenvil memerlukan curah hujan/air tanah yang memadai. Namun setelah fase reproduktif justru lebih menyenangi iklim kering. Bugenvil menghendaki sinar matahari langsung yang intensitasnya panjang, sehingga cocok ditanam di luar ruangan. Sebaliknya di tempat teduh, bugenvil tumbuh kurus dan tinggi serta bunga kurang produktif.
Produktivitas
Tanaman bunga kertas atau bougainvillea mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tanaman bougainvillea menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.
Teknik Budidaya
Budidaya tanaman Bugenvil biasanya menggunakan cara stek. Stek adalah perbanyakan tanaman dengan cara pemisahan atau pemotongan bagian tanaman seperti batang, daun, pucuk, dan akar.
Pemupukan
Bugenvil diberi pupuk kandang/kompos dan NPK dengan perbandingan (2:1:1).
Pemangkasan           
Pemangkasan bentuk dilakukan untuk memperoleh bentuk tanaman yang diinginkan. Misalnya, Anda menginginkan bentuk bulat, mirip bonsai, atau dibiarkan tumbuh menjalar seperti pergola. Untuk memperoleh bentuk-bentuk tersebut, lakukan pemangkasan sebagian daun, tunas, cabang atau ranting. Pembentukan bisa dibantu dengan bilahan-bilahan bambu.
Penyiraman
penyiraman dilakukan 1-2 minggu hingga daun-daunya tampak layu dan mulai berguguran. Waktu Berbunga : waktu berbunga bugenvil sekitar 2 minggu. Bunga bugenvil dapat tumbuh seterusnya setelah di panen.
Hama dan Pengendalian
kutu atau kumbang hijau yang menyerang daun, serta cendawan yang menyerang bibit. Kutu bisa dibasmi dengan obat cair khusus yang telah dicampur dengan air, sedangkan untuk jamur yang membandel basmi dengan detergen.

0 komentar:

MORE POSTING

TV Indonesia

>>>Kalau Mau Nonton TV, stop/Pause the Gen FM Radio!
Glitter Words

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management