Glitter Words

Kamis, 11 November 2010

Perangkat Keras dan Dasar Komputer


Perangkat Keras dan Dasar Komputer

by: Paw

            Pada computer ada beberapa jenis alat bantu untuk memudahkan menggunakan berbagai macam aplikasi yang ada di dalamnya, diantaranya:
·         Keyboard
·         Mouse dan
·         Sound (speaker)
Akan tetapi, baik buruk atau cepat lambatnya kerja komputer pada biasanya dipengaruhi oleh system dan spesifikasi dari computer itu sendiri.
A.   Keyboard
Keyboard adalah perangkat keras (hardware) input dari komputer, laptop ataupun notebook yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengetikan data yang diinginkan ke dalam komputer.  Seperti gambar dibawah.                                           
   

Untuk mengatur kecepatan responsibility dan mengetahui details keyboard dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
1.      Klik Start Menu kemudian, klik Kontrol Panel lalu klik ikon Keyboard  dan akan muncul tampilan seperti berikut:




2.      Setelah langkah diatas, selanjutnya klik Hardware, lalu Properties, kemudian pilih Drive. Langkah tersebut untuk mengetahui details ataupun spesifikasi dari keyboard seperti pada gambar di bawah:  
               
B.   Mouse
                Mouse adalah  hardware input pada komputer ataupun laptop yang biasanya dignakan untuk memudahkan pengguna dalam memasukkan atau memilih data yang diinginkan. Seperti gambar dibawah ini:
Untuk mengatur kecepatan reaksi perintah dan cara pengaturan mengubah kursor mouse serta spesifikasinya dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Klik Start Menu, lalu klik Control Panel, kemudian klik ikon Mouse dan akan muncul tampilan sebagai berikut:
2.      Kemudian pilih Pointer, lalu pilih kursor yang diinginkan lalu klik Apply, kemudian OK. Untuk pilihan cursor lebih lengkap klik Browser.

3.      Untuk mengatur kecepatan reaksi perintah mouse pilih Pointer Options, lalu atur sesuai keinginan, kemudian OK.
4.      Pilih Hardware, kemudian properties untuk mengetahui details dari mouse. Begitu pula dengan pilihan lainnya.


C.   Sound
Pada setiap komputer biasanya dilengkapi dengan pengaturan fasilitas sound atau suara, yang biasnya digunakan untuk mendengarkan hiburan seperti music video dan sejenisnya. Sound atau suara dari komputer biasanya terdengar dari perangkat keras yang (output) seperti speaker ataupun headset.
 speaker                                                        headset





Untuk mengetahui details dan mengatur volume sound pada komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut :
1.      Klik Start Menu, lalu klik Control Panel, kemudian klik ikon Sound lalu pilih Speakers, Properties, kemudian Properties lagi terus pilih Driver digunakan Untuk mengetahui spesifikasinya.un

2.      Untuk mengatur volume dan balance sound dari komputer dapat dilakukan mengklik  Start Menu, lalu klik Control Panel, kemudian klik ikon Sound lalu pilih Speakers, Properties, pilih Levels, lalu tentukan sesuai keinginan, OK.

D.  System
      Pada komputer dengan windows7, untuk melihat spesifikasi sistem komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Klik Start Menu, Control Panel, kemudian pilih ikon System. Selain itu, dapat juga dengan cara klik Start Menu, lalu klik kanan Computer pilih Properties.


2.      Klik Start Menu lalu ketik “dxdiag” pada kolom search untuk mengetahui spesifikasi komputer, kapasitas RAM dan Memory serta kekuatan displaynya.
3.      Untuk mengetahui screen resulutions komputer, klik Start Menu, Control Pane, lalu pilih ikon Display, kemudian klik Adjust Resolution. Bisa juga dengan langkah lain yaitu klik kanan pada Desktop, kemudian pilih Screen Resoltion.

0 komentar:

MORE POSTING

TV Indonesia

>>>Kalau Mau Nonton TV, stop/Pause the Gen FM Radio!
Glitter Words

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management