Glitter Words

Kamis, 11 November 2010

Maanfaat Teknologi Informasi Untuk Masa Depan



komputer.jpg          Teknologi informasi merupakan suatu proses perkembangan teknik, metode dan media komunikasi untuk bertukar informasi antar manusia. Ketika berbicara tentang teknologi informasi, tidak akan bisa lepas dari peran ilmu komputer internet dan telepon ataupun handphone. Ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer, cara penggunaan, manfaat atau pun pengaruh yang timbul akibat mempelajarinya. Pada hakikatnya ilmu komputer merupakan ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras(hardware), prangkat lunak(software) serta bagian-bagiannya.
perkembangan-internet.jpgDi zaman globalisasi ini, kemajuan teknologi sangatlah pesat. Kemajuan tersebut sangat erat hubungannya dengan komputer. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa bidang komputer adalah hal yang sangat utama di dunia teknologi. Untuk itu kita selaku generasi penerus, khususnya saya selaku mahasiswa harus bisa mendalami bidang komputer dengan serius. Karena bidang apapun didunia ini tidak akan bisa terlepas dari dunia komputer. Hal ini dibuktikan dengan semakin canggihnya teknologi komputer. Alasannya kebutuhan manusia akan terus meningkat seiring kemajuan teknologi. Dengan bantuan komputer kita dapat meringankan kebutuhan tersebut. Tidak hanya itu, persaingan bisnispun akan semakin berat dan penuh tantangan. Lagi-lagi semua tantangan yang ada akan lebih mudah diatasi lewat bantuan komputer.
Internet adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Internet juga berfungsi sebagai media komunikasi yang sangat canggih saat ini. Karena dengan menggunakan internet kita dapat mengakses segala sesuatu informasi atau data yang kita inginkan semasih data itu tersedia. Selain itu, dengan internet, aktivitas berkomunikasi pun dapat kita lakukan dengan jarak dan ruang yang berbeda dengan sangat efisien. Misalnya, kita dapat berkomunikasi dengan kerabat, rekan kerja atau teman kita tanpa harus bertatap muka dengan menggunakan layanan internet, seperti video call, chating ataupun sekedar bertukar pesan.
gambar-africa-internet1.jpgTelepon ataupun handphone adalah perangkat lain dari teknologi informasi. Benda kecil ini memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Manfaat dari benda elektronik yang satu inipun sudah tidak bisa diragukan lagi. Walaupun telepon dengan handphone berbeda bentuk dan efesiensi, namun kedua benda ini sama-sama berfungsi sebagai alat komunikasi yang berbasis teknologi informasi. Tidak jauh beda dengan internet, benda ini juga dapat melakukan pertukaran data, baik berupa gambar, suara, dan tulisan. Misalnya SMS(Short Message Service) ataupun mobile email. Tidak hanya lewat pesan saja, handphone-handphone sekarang telah dilengkapi dengan kemampuan mengirimkan data dengan nirkabel seperti, infrared, Bluetooth, wi-fi dan browsing.
Dari penjelasan diatas, teknologi informasi sangat penting bagi saya dan kehidupan manusia sekarang maupun di masa yang akan datang. Sebagai contoh, ketika saya lulus nanti, teknologi informasi seperti internet, baik menggunakan layanan internet lewat komputer, notebook ataupun mobile akan sangat membantu dan mempermudah saya dalam berkomunikasi dan bertukar informasi dengan rekan-rekan saya, baik hanya rekan biasa ataupun rekan bisnis. Ketika saya ingin berkomunikasi atau bertukar informasi dengan rekan bisnis atau usaha saya, layanan telepon, internet dan facsimile pun dapat saya gunakan, tanpa harus bertatap muka langsung.
Saya sangat berharap, ketika lulus nanti, pengetahuan saya akan teknologi informasi dapat membantu saya dalam mencari dan merintis usaha yang saya inginkan. Teknologi informasi seperti layanan internet dikala ada pekerjaan kantor yang harus dikerjakan deadline dan datanya hanya ada di luar negeri. Saya tidak akan susah-susah lagi terjun langsung ke luar negeri untuk mendapatkan data tersebut. Cukup hanya dengan memakai layanan internet saya sudah bisa mendapatkan data tersebut. Usaha sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman herbal yang organik dan ternak ayam adalah cita-cita saya ketika saya lulus nanti. dari usaha itu saya harap dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup untuk menghidupi keluarga dan orang-orang di sekitar saya. Rencana kedepan, ilmu teknologi informasi seperti layanan internet akan saya gunakan untuk mengembangkan usaha saya tersebut. Layanan internet akan saya gunakan terutama untuk membantu proses pemasaran untuk masyarakat luas. Oleh sebab itu, apabila dicermati lebih dalam, dalam merintis sebuah usaha, penerapan teknologi informasi yang baik dan benar merupakan salah satu pilar agar usaha tersebut dapat bertahan
Jadi, dengan banyaknya manfaat yang diberikan teknologi informasi di segala bidang. Maka teknologi informasi sangatlah berperan penting dan bermanfaat bagi kehidupan kita sekarang maupun di masa yang akan datang.

0 komentar:

MORE POSTING

TV Indonesia

>>>Kalau Mau Nonton TV, stop/Pause the Gen FM Radio!
Glitter Words

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management