Glitter Words

Jumat, 06 April 2012

Tantang Mahasiswa IPB, Dahlan Janjikan Mobil Agar Ciptakan Mesin Pengering Padi Berkualitas Tinggi


BOGOR - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menantang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) agar bisa menciptakan teknologi mesin pengering padi yang efisien. Mantan Dirut PLN itu menjajikan hadiah satu unit mobil kepada mahasiswa yang bisa memenuhi tantangan itu.

"Saya menantang mahasiswa IPB jika mampu menciptakan mesin ini, saya akan menghadiahi mobil dari kantong pribadi saya," kata Dahlan saat menjadi pembicara utama dalam seminar System Expo 2012 yang digelar IPB di IPB International Convention Center (IICC) Bogor, Kamis (5/4).

Dahlan menyebutkan, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia pertanian saat ini adalah permasalahan pengadaan alat. Ia mengatakan, banyak petani yang mengeluhkan minimnya ketersedian alat-alat pertanian. Menurut dia, untuk mencapai target produksi pertanian, selain ketersediaan lahan dan kinerja para petani, alat menjadi tolok ukur penting dalam mendorong tingkat produksi.

"Alat pengering gabah yang digunakan petani saat ini kurang produktif. Mulai dari segi ukuran, serta bahan bakarnya yang masih menggunakan minyak. Maka saya menantang mahasiswa IPB untuk bisa mencipatkan alat yang efisien. Tidak menggunakan BBM dan mampu mengahasilkan gabah kering lebih banyak dan cepat," kata Dahlan disambut tepukan tangan para undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Menanggapi tantangan tersebut, Rektor IPB Prof Herry Suhardyanto menyambut baik pemikiran menteri nyentrik itu.  Menurut Herry, tantangan yang disampaikan Dahlan dapat menjadi stimuls bagi mahasiswa untuk berinovasi menciptakan teknologi mesin pengering padi tepat guna.

"Ini sangat positif sekali, kita yakin kita bisa menciptakannya. Sejalan dengan pemikiran Pak Dahlan, saat ini kita sedang mengembangkan sistem pertanian yang optimum dan minimum," kata Herry.

Dirinya optimis mahasiswa IPB sanggup menciptakan mesin yang dimaksud. Karena menurutnya, mesin tersebut tidak terlalu menggunakan teknologi yang tinggi. "Kita siap, kita bisa kembangkan di dalam negeri. Ini bukan teknologi
   yang tinggi sekali," katanya.

Dia menambahkan, dalam mendorong hal tersebut diperlukan konsistensi alat industri pertanian dengan memberikan fasilitas dan sistem intensif yang dapat mengarahkan mahasiswa untuk mencipatakan teknologi.

Penampilan Dahlan Iskan dalam System Expo 2012 cukup memukau peserta yang hadir. Penampilan khasnya yang sederhana juga menjadi perhatian. Berbeda dengan jajaran menteri pada umumnya yang biasa mengenakan safari atau jas, kemarin Dahlan tetap mengenakan kemeja putih dengan dalaman kaus putih,  serta celana bahan berwarna hitam. Dan alas kakinya, apalagi kalau bukan sepatu cats.  Dalam kesempatan tersebut, pria berkacamata ini juga menyepatkan diri melihat pameran System Expo IPB dan berkunjung ke Serambi Botani.

Sayangnya, kehadiran Dahlan tak berlangsung lama. Hanya sekitar 30 menit Dahlan berada di IICC sebelum akhirnya melaju kembali dengan menggunakan mobil Mer C bernopol L 1 JP. (nad/jpnn)




0 komentar:

MORE POSTING

TV Indonesia

>>>Kalau Mau Nonton TV, stop/Pause the Gen FM Radio!
Glitter Words

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management