Glitter Words

Jumat, 03 Juni 2011

Murah, Mudah dan Nyamannya Berwisata di Bali dengan Trans SARBAGITA

Murah, Mudah dan Nyamannya Berwisata di Bali
dengan Trans SARBAGITA

J
alan-jalan sembari cuci mata adalah aktivitas yang sangat dinanti-nanti oleh setiap orang dimuka bumi ini. Mengilangkan dan melupakan penak peliknya masalah kehidupan merupakan tujuan dari aktivitas tersebut dengan haraan dapat menikmati indahnya surga dunia yang terlupakan oleh padatnya aktivitas sehari-hari seperti di kantor, di sekolah, di kampus ataupun masalah di internal keluarga. Tanggal merah pada kalender adalah sat yang ditunggu-tunggu oleh semua masyarakat yang aktivitas hidupnya padat. Namun, setiap orang akan merasa sangat senang apabila mendapatkan libur panjang.


     Ketika ada libur panjang menghadang rutinitas kerja setiap orang, berlibur atopun bertamasya ketempat-tempat wisata pun akan menjadi tujuan utama suatu keluarga. Di Indonesia sendiri, liburan kerap kali dimanfaatkan sebagai momen untuk berkumpul dengan sanak keluarga mereka (silahturahmi). Masyarakat Indonesia pada umumnya sangat senang berwisata di dalam negeri karena tidak membuthkan uang yang begitu banyak. Namun, tidak menampik kemungkinan juga ada yang gemar melancong ke negeri tetangga. Pada dasarnya di Indonesia sendiri, selain kaya akan keindahan alam yang menarik untuk dinikmati juga banyak mempunyai tempat berbudaya dan besejarah yang sangat cocokdikunjungi untuk media pembelajaran dan pengetahuan anak selain hanya untuk sekedar jalan-jalan dan berfoto-foto saja.
            Bali adalah salah satu tujuan wisata favorit yang sangat diminati oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri(touris asing). Bali sebagai obyek wisata memang banyak akan kekayaan alam terutama keindahan pantainya yang sangat mempesona. Tidak hanya pantai saja, untuk yang peduli dan suka dengan budaya seni yang unik dan bernilai estetika tinggi pun ada di pulau dewata ini. Namun, di balik mempesonanya pulau dewata ini kerap kali sangat mempersulit para bagpaker(wisatawan yang senang berjalan dan tidak suka memakai jasa travel) karena di Bali sangat jarang ada angkutan atau transportasi umum yang murah meriah dan harganya sesuai dengan kantong masyarakat menengah kebawah. Untuk transportasi di Bali sendiri memang telah ada tansportasi umum seperti, angkot namun jumlahnya sangat terbatas dan jangkauan trayeknya tidak luas. Selain angkot, juga tersedia taxi, ojek, jasa peminjan kendaraan dan jasa travel. Namun mayoritas orang lebih suka ngeteng angkot atau numpang di angkot.
            Baru-baru ini, PEMKOT Denpasar meluncurkan trobosan baru dalam transportasi untuk di Bali. Pemerintah Bali menyebutnya dengan SARBAGITA. SARBAGITA sendiri merupakan singkatan dari Denpasar Badung Gianyar dan Tabanan. Transportasi SARBAGITA merupakan sarana transportasi sejenis Trans Jakarta dan Trans Pakuan. Namun, transportasi SARBAGITA yang sejenis bus ini merupakan trayek perjalanan antar kabupaten singkatan tadi. Dari sebuah harian Koran tempo yang saya baca dikatakan bahwa, program itu merupakan solusi mengatasi kemacetan di Denpasar dan sekitarnya. "Tahun ini rencananya akan diselesaikan pembangunan 40 halte secara bertahap," ujar Kepala Dinas Perhubungan Bali, Made Santha.  Menurut Santha, program Trans Sarbagita itu dirancang sejak 2009. Ini adalah proyek pemerintah pusat dan Provinsi Bali. Setidaknya 17 trayek utama akan dibangun, dan disesuaikan dengan trayek berbasis bandara, wisata dan komuter. Trayek awal yang disiapkan adalah Batubulan-Nusa Dua, Batubulan-Bandara Ngurah Rai dan Puputan Badung-Garuda Wisnu Kencana. Untuk trayek ini, setidaknya disiapkan 56 halte. Tahun lalu, sudah 16 halte dibangun. Sisanya tahun ini.  Untuk itu, Bali bahkan telah minta 25 bus ke pemerintah pusat." Ini program layanan transportasi publik. Seperti di negara maju," ujarnya. Pihaknya, kata dia, akan menggandeng para sopir angkutan umum. Sistemnya, trayek utama akan dilayani bus Trans Sarbagita, sedangkan trayek ranting dan cabang akan dilayani angkutan umum tersebut.
Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bali Yus Suhartana mengatakan tarif angkutan Trans Sarbagita itu akan disubsidi pemerintah. "Kemungkinan sebesar 60 persen dari tarif yang diperkirakan besarnya Rp 3.500," ujarnya. Rencananya bus Trans Sarbagita itu akan beroperasi sekitar 10-18 jam. Diperkirakan akan ada 4-5 jalur utama dengan 50 unit bus yang beroperasi. "Jumlah kendaraan yang melintas di setiap jalur akan disesuaikan dengan kebutuhan," ujarnya.
Jadi, untuk para temen-temen wisatawan yang mau berlibur ke Bali tidak usah pusing dan bingung lagi mencari jasa transportasi umum. Trans SARBAGITA adalah solusinya. SELAMAT BERLIBUR.

SUMBER: 
http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2010/02/01/brk,20100201-222735,id.html
http://jalan-jalan-bali.blogspot.com/2010/08/hubungkan-empat-kabupaten-di-bali-trans.html
http://www.balialpes.com/content/us/bali-news/bali-march-2011-news/trans-sarbagita-will-run-    in-march/39/37/863.html
http://www.lonelyplanet.com/indonesia/bali


0 komentar:

MORE POSTING

TV Indonesia

>>>Kalau Mau Nonton TV, stop/Pause the Gen FM Radio!
Glitter Words

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management