Kamis, 31 Maret 2011

Pendugaan Intensitas Penyakit Tanaman


Besarnya penyakit sering dikemukakan dengan istilah serangan ringan, sedang, berat dan sangat berat. Ungkapan demikian masih bersifat kualitatif, tidak memiliki makna ilmiah. Pernyataan demikian bersifat subyektif, dalam arti bhwa data kualitatif demikian tidak dapat dibandingkan antara ahli yang satu dengan ahli yang lain dan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Namun data yang bersifat kuantitatif tentang intensitas penyakit sangat diperlukan dalam berbagai kepentingan, terutama digunakan untuk kepentingan pengelolaan ataupun pengendalian penyakit tanaman.
Besarnya atau intensitas penyakit tanaman menurut James (1974 dalam Zadoks dan Schein, 1979) dapat dinyatakan dalam istilah Keterjadian Penyakit dan Keparahan Penyakit. Keterjadian Penyakit (KiP) adalah persentase jumlah tanaman yang terserang pathogen (n) dari total tanaman yang diamati (N), seperti dinyatakan dalam rumus berikut:

                                                           
Intensitas penyakit suatu tanaman dihitung dengan rumus ini apabila penyakitnya besifat sistemik atau dengan adanya serangan pathogen cepat atau lambat akan menyebabkan tanaman tidak berproduksi bahkan mati. Pada penyakit-penyakit yang tidak demikian, artinya intensitas penyakit yang terjadi dan akibatnya bervariasi dan tanaman tidak mengalami kematian, maka intensitas penyakitnya dinyatakan dalam istilah Keparahan Penyakit (KeP) yang didefinisikan sebagai persentase luasnya jaringan tanaman yang terserang pathogen dari total las yang diamati, seerti dinyatakan dalam rumus berikut:
Dimana KeP adalah keparahan penyakit, n adalah jumlah jaringan terserang pada setiap kategori (skor), v adalah kategori (skor) serangan, Z adalah kategori serangan tertinggi dan N adalah total dari jumlah jaringan yang diamati. 
sumber :  
Zadoks, C.J. and R.D. Schein. 1979. Epidemiology and Plant Disease Management.     New York: Oxford University Press. 427 pp.
Reaksi:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau berkenan mohon bisa lebih lengkap, tks. salam.

Google+ Badge

MORE POSTING

TV Indonesia

>>>Kalau Mau Nonton TV, stop/Pause the Gen FM Radio!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management